Agenda Kegiatan
  • Data belum tersedia

Deskripsi

SIAP Pemko Medan merupakan aplikasi yang memuat sistem informasi tentang pelayanan administrasi publik khususnya kecamatan dan kelurahan
Deskripsi

DESKRIPSI 

Sistem Informasi Administrasi Publik disingkat SIAP, merupakan aplikasi berbasis java yang mengintegritasikan database MySQL untuk manajemen databasenya. SIAP Pemko Medan dibuat dan dikembangkan oleh kerjasama Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan dengan dinas terkait dalam hal ini adalah OPD Kecamatan dan Kelurahan. SIAP Pemko Medan dibuat bertujuan untuk mempermudah warga untuk mengakses sistem pelayananan pada OPD Kecamatan dan Kelurahan sehingga lebih efektif, dinamis, arsip digital dan door to door. Aplikasi SIAP Pemko Medan dalam tahap penyempurnaannya masih hanya tersedia untuk platform Android dan Website (iOS masih dalam tahap pengembangan).

Kelurahan Anggrung merupakan pilot project dalam pengembangan aplikasi SIAP Pemko Medan. Penerapan aplikasi SIAP Pemko Medan, diinisiasi sejak awal bulan Maret hingga sekarang, melibatan seluruh warga kelurahan anggrung, para Kepala Lingkungan Kelurahan Anggrung dan Pihak Kelurahan. Setiap warga di Kelurahan Anggrung direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi SIAP Pemko Medan, mendownloadnya melalui playstore dan menginstalnya pada smartphone masing-masing, kemudian mendaftarkan dirinya secara mandiri ataupun melalui Kepala Lingkungan masing-masing dan bisa juga ke kantor Kelurahan Anggrung. Setiap warga yang mendaftarkan diri untuk penggunaan aplikasi SIAP Pemko Medan, harus memiliki izin dari Kepala Lingkungannya. Hal ini mencegah pengguna yang sembarangan ataupun tidak memiliki izin. Adapun persyaratan yang harus dimiliki oleh setiap warga yang mendaftarkan diri melalui aplikasi SIAP Pemko Medan adalah, 

1.  NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terintegrasi dengan Database Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan

2.  Email yang masih aktif

3.  Nomor Handphone

Setiap Kepala Lingkungan wajib mengetahui identitas warganya yang memohon izin registrasi penggunaan aplikasi SIAP Pemko Medan sebelum mengaktivasi warganya. Adapun jenis layanan kependudukan yang bisa diakses dalam Aplikasi SIAP Pemko Medan ini antara lain adalah:

1.  Surat Keterangan Tidak Mampu

2.  Pengurusan Domisili Usaha

3.  Administrasi Lainnya (Surat Keterangan Kematian, Surat Keterangan Pengurangan PBB, Surat Keterangan lainnya yang sesuai tupoksi Kelurahan)

4.  Surat Ahli Waris

Like

Related Posts