Agenda Kegiatan
  • Data belum tersedia

Kegiatan Pelatihan Urban Farming

Kegiatan Pelatihan Teknologi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam rangka Pengembangan Pertanian Kota Medan (Urban Farming)
Kegiatan Pelatihan Urban Farming

Kegiatan Pelatihan Teknologi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam rangka Pengembangan Pertanian Kota Medan (Urban Farming) dilaksanakan bertempat di Kantor Kelurahan Anggrung Kecamatan Medan Polonia, pada tanggal 26 Februari 2019 diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan. 

Narasumber diisi oleh Bapak Suardi Raden, Pemanfaatan lahan Untuk Kota Medan untuk kegiatan bertani tergolong minim karena di Kota Medan lahan "menganggur" sudah sangat terbatas. Apalagi, masyarakat kota Medan mayoritas pekerja bukan petani. Selain itu, Untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah di Kota Medan sangat tidak mencukupi. Jangankan untuk dijadikan bisnis, untuk memenuhi konsumsi rumah tangga saja tidak cukup. "Di Medan yang menjadi permasalahannya adalah lahan. Penduduk juga sudah padat. Bahkan, banyak rumah- rumah penduduk yang sudah tidak memiliki lahan," katanya.

harapan Distanla Medan untuk produksi tanaman hortikultura hanyalah di Medan Marelan. Karena hanya di kawasan tersebut yang masih mampu menghasilkan produksi sayur-mayur dan komoditas hortikultura. Apalagi, di Medan tidak semua sayuran bisa ditanam di dataran rendah seperti kentang dan wortel. "Selama ini pun di pasar-pasar Kota Medan seperti Jalan Sutomo, sayur-mayur serta tanaman komoditas hortikultura lainnya, pemasoknya adalah dari Kabupaten Batubara dan Simalungun. "Karena memang disanalah yang lahannya masih luas.

Pelatihan ini ditujukan kepada Kader-kader PKK dan keseluruhan warga di Kelurahan Anggrung Kecamatan Medan Polonia. Sehingga nantinya bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang ada dengan menanam tanaman hortikultura, dengan varian tanaman sayuran seperti bayam merah, cabai, labu, pare, dan lain sebagainya yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh warga untuk dikonsumsi.

Like

Related Posts